Gejala Demam Berdarah

Gejala Demam Berdarah

Ocracokeislandinn – Di saat musim penghujan seperti sekarang ini nyamuk semakin merajalela akibat genangan-genangan air dan lingkungan yang tidak bersih. Hal ini dapat menimbulkan sebuah penyakit yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian apabila tidak ditangani dengan baik. Penyakit ini bernama DBD atau kepanjangan dari demam berdarah dangue.

Penyebab paling utama penyakit adalah gigitan dari nyamuk Aedes aegypti dan juga Aedes albocpictus yang membawa sebuah virus yang bernama virus dengue. Beberapa faktor lain yang menyebabkan penyakit ini seperti sistem kekebalan tubuh yang lemah, pernah mengalami infeksi virus jenis dengue sebelumnya. Mungkin penyakit ini terdengar biasa saja tetapi bisa menyebabkan kematian dalam beberapa kasus.

Gejala Berbahaya Demam Berdarah

Oleh karenanya itu untuk mencegah penyakit ini Anda harus mengetahui gejala demam berdarah agar ketika Anda mengalami gejala tersebut maka Anda bisa langsung mengantisipasinya. Berikut ini 10 gejala yang harus Anda ketahui sebagai langkah pencegahan.

1. Demam Tinggi

Gejala pertama yang akan Anda rasakan adalah demam yang tinggi bahkan mencapai 40 derajat celcius. Bila Anda mengalami demam yang sangat tinggi hingga berhari-hari maka Anda wajib untuk memeriksakan diri Anda pada seorang dokter ahli baik itu di klinik, puskesmas, maupun rumah sakit. Sebab demam yang mencapai 40 derajat juga bisa menyebabkan seseorang menjadi step.

2. Nyeri Kepala Berat

Gejala lain yang dapat menjadi penanda adalah nyeri kepala berat. Kepala Anda akan terasa sangat nyeri dan bahkan untuk berdiri saja tidak akan bisa Anda lakukan.

Baca juga: Cara mengatasi sesak nafas

3. Nyeri Sendi

Selain itu Anda juga akan merasakan gejala demam berdarah berupa nyeri pada persendian, otot, dan juga pada tulang-tulang Anda. Sehingga Anda akan merasa sangat lemas dan tidak memiliki tenaga sedikitpun.

4. Nyeri Bagian Belakang Mata

Gejala lain yang akan Anda rasakan adalah rasa nyeri pada bagian belakang mata yang terasa sangat mengganggu penglihatan dan konsentrasi Anda akan menurun akibat meras tidak nyaman pada bagian belakang mata. Hal ini juga dapat menyebabkan perasaan malas untuk beraktivitas dan memilih untuk tidur agar tidak merasakan rasa nyeri mata tersebut.

5. Nafsu Makan Menurun

Salah satu tanda seseorang sedang sakit adalah ketika nafsu makannya menjadi menurun, begitupun dengan penyakit demam berdarah ini akan menyebabkan seorang penderita kehilangan nafsu makannya. Sehingga tidak sedikit seorang penderita DBD mengalami penurunan berat badan.

6. Mual dan Muntah

Gejala lain yang bisa Anda jadikan penanda adalah perasaan mual dan muntah yang berlebih. Anda akan merasakan mual sepanjang waktu dan bahkan dapat menyebabkan Anda muntah tanpa sebab yang jelas.

7. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Akibat virus ini juga akan menyebabkan sebuah gejala berupa pembengkakan kelenjar getah bening seseorang. Hal inilah yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan seseorang kehilangan nyawanya karena DBD yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening.

8. Ruam Kemerahan

Ciri atau gejala paling umum yang dirasakan dari seorang pasien DBD adalah ruam atau bintik merah pada permukaan kulit yang biasanya muncu; 2-5 hari setelah Anda mengalami demam.

Baca juga: Cara menghilangkan bau badan

9. Kerusakan pada Pembuluh Darah

Penyakit DBD ini juga dapat menyebabkan kerusakan lain pada tubuh Anda, seperti kerusakan pembuluh darah, getah bening tubuh Anda. Ketika mencapai titik ini maka dapat menyebabkan kematian.

10. Pendarahan dari Hidung

Gejala lainnya adalah pendarahan yang biasanya terjadi pada bagian hidung, gusih, dan juga pada bagian bawah kulit.

Demikianlah 10 gejala demam berdarah yang wajib Anda ketahui agar Anda bisa mewaspadai penyakit ini agar tidak terjadi kepada Anda dengan mendapatkan penanganan yang tepat.