Cara Mengatasi Sesak Nafas

Cara Mengatasi Sesak Nafas

Ocracokeislandinn –¬†Apakah Anda termasuk orang yang tidak selalu bergantung pada obat? Cara mengatasi sesak nafas secara alami ini akan sangat membantu.

Memang tidak bersifat untuk mengobati, namun metode ini dapat membantu kamu mengendalikan pernafasan.

8 Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan ketika terjadi sesak nafas secara tiba-tiba:

1. Pursed-lip Breathing

Cara mengatasi sesak nafas karena batuk ini akan membantu memperlambat laju pernafasan supaya lebih efektif. Relaksasikan leher dan bahu kemudian ambil nafas pelan selama beberapa detik melalui hidung.

Secara bersamaan, tekan bibir seperti bersiul lalu perlahan buang nafas dalam hitungan keempat melalui celah tersebut.

2. Pernafasan Diafragma

Ini merupakan salah satu cara mengatasi sesak nafas karena asam lambung naik. Rilekskan kepala, bahu, lutut dan leher dengan cara duduk untuk kemudian meletakkan lengan di depan perut dan dada.

Bernafas melalui hidung sampai perut terasa bergerak kemudian hembuskan dengan mengencangkan otot perut. Saat menghembuskan, beri penekanan lebih dan keluarkan melalui mulut sambil bibir mengerucut dan ulangi 5-10 menit.

3. Melakukan Posisi Tertentu

Ketika sesak, temukan posisi yang tepat seperti bersandar pada dinding dan berdiri sambil menopang tangan ke meja. Cara mengatasi sesak nafas saat hamil bisa dengan berbaring lalu gunakan bantal untuk menopang kepala dan lutut.

Cara lainnya yakni, duduk rileks dengan posisi kepala ditopang oleh meja dan badan sedikit maju. Cara ini akan sangat membantu mengatur pernafasan ketika aktivitas terlalu berlebihan.

4. Mengkonsumsi Jahe Segar

Bila terjadi infeksi pernapasan yang dapat menyebabkan sesak nafas, sebaiknya minum air hangat yang dicampur jahe. Pada sebuah studi, tanaman obat sesak nafas berupa jahe dapat membunuh virus penyebab infeksi saluran pernafasan.

Minuman jahe segar ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa maupun anak-anak. Tidak akan menimbulkan efek samping asal tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Cek juga: Cara mengobati sakit gigi

5. Mengkonsumsi Kafein

Minum kafein sebanyak 3 cangkir dalam sehari akan membantu fungsi paru-paru untuk meningkat selama 4 jam. Menurut penelitian, penderita asma yang mengkonsumsi kafein akan mudah untuk menghirup udara.

Kelelahan pada otot-otot saluran nafas akan berkurang berkat kandungan kafein di dalam kopi hitam. Namun mengkonsumsi kafein ini tidak dianjurkan untuk mengatasi sesak nafas yang diakibatkan oleh batuk.

6. Menghirup Uap

Caranya, tambahkan beberapa tetes minyak esensial peppermint atau eucalyptus pada mangkuk berisi air panas. Setelah air tidak terlalu panas, tutup kepala dengan handuk lalu tarik nafas dalam-dalam untuk menghirup uap.

Menghirup uap ini bisa digunakan sebagai cara mengatasi sesak nafas pada anak. Sesak napas juga akan berkurang setelah lendir yang ada pada paru-paru dipecahkan oleh uap yang kamu hirup.

7. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat dapat diterapkan dengan berhenti merokok sekaligus menghindari asap tembakau. Termasuk paparan alergen, racun dan polusi serta makan dengan baik, tidur yang cukup dan jaga kebersihan.

Tempat yang bersih cukup ampuh sebagai cara mengatasi sesak nafas pada malam hari. Disarankan juga untuk segera ke dokter ketika terjadi sesak nafas.

8. Menggunakan kipas angin

Menurut penelitian, sesak nafas dapat dikurangi dengan menggunakan kipas angin. Udara dari kipas angin yang ditiupkan ke wajah dan hidung akan membantu hidung menghirup lebih banyak udara.

Namun pastikan bahwa kipas angin tidak terpapar debu supaya tidak semakin menyumbat hidung. Bernafaslah seperti biasa di depan kipas angin yang sudah dinyalakan.

Itulah beberapa cara mengatasi sesak nafas secara alami yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga membantu dan segera periksakan lebih lanjut jika sesak nafas terjadi terlalu sering.